Kamis, 10 Februari 2011

Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia, 2009

: Artikel

Cerdas Bermedia, Cerdas Berkomunikasi
Dewasa ini, orang – orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi. Mereka yang membutuhkan informasi dapat mencarinya segera dengan mudah, baik dengan membaca buku, koran, majalah,  menonton televisi, mendengarkan radio, atau yang sedang in adalah dengan ber-internet ria.
Memang tidak ada yang bisa menyangkal jika media komunikasi informasi saat ini sedang berada pada puncaknya. Salah satu  faktornya mungkin adalah kebutuhan orang – orang yang haus akan informasi dan komunikasi dan maraknya media yang mewarnai jalannya komunikasi dunia saat ini.
Ketersediaan media yang ada dimana – mana, dan media yang cenderung dapat merubah pandangan, sikap dan prilaku individu atau kelompok dapat menumbuhkan budaya media pada masyarakat. Sehingga, interaksi pada media dan masyarakat tidak dapat dielakan lagi. Perkembangan media massa yang cepat membuat masyarakat ikut terseret didalamnya. Jika kita melihat dampak positif dan negatif yang ditimbulkkan akibat perkembangan media ini tidak akan pernah ada titik temunya. Siapapun, biarpun orang itu menghindar dari media, tapi ia akan tetap menjadi fokus media.
Media merupakan place orientation bagi masyarakat dalam mengetahui perkembangan berita di dunia ini. Tidak hanya berita, tayangan yang fiksi pun menjadi incaran setiap msyarakat dalam bermedia. Tidak dapat disangkal keberadaan sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia. Mereka yang menganggap media sebagai kebutuhan tentu akan merasa hampa jika tidak mengkonsumsi media. Media bisa dikatakan alat penyalur antara dunia luar yang tidak diketahui seseorang dalam kehidupannya, meskipun ada suatu rekayasa yang dapat dibentuk oleh media itu sendiri.
Dari situ dapat diambil suatu pendapat bahwa media tidak seratus persen menyajikan kenyataan yang memang terjadi dalam kehidupan ini. Media memiliki agenda yang bertujuan untuk kepentingannya sendiri. Mereka akan bekerja sesuai dengan orientasi yang mereka kembangkan sejak awal. Dengan demikian, kecerdasan bermedia adalah penting bagi setiap individu.
Kecerdasan bermedia adalah suatu kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi  dan menghasilkan komunikasi dalam berbagai bentuk melalui media. Dengan cerdas berkomunikasi, maka setiap individu dalam mengolah informasi untuk menjadi bekal kehidupan sehari – hari. Kecerdasan bermedia juga sangat penting, karena dengan bermedia, berarti kita berkomunikasi dengan kehidupan secara tidak langsung dan tidak alami dan itu sangat rentan untuk terdistorsi, yaitu sebuah proses yang memungkinkan seseorang untuk menciptakan atau mengubah informasi yang ditangkap melalui inderanya untuk disesuaikan dengan apa yang menjadi sudut pandangnya. Bermanfaat baginya atau tidak, tergantung pada bagaimana hal ini diterapkan dalam kesehariannya. Jadi dengan begitu, setiap individu dituntut untuk memilki kecakapan dalam berhadapan dan mengonsumsi media.
Dengan cerdas bermedia, maka kitapun akan cerdas dalam berkomunikasi dan itu akan menjadikan kualitas manusia suatu negara menjadi lebih baik.

2 komentar:

  1. Hai sahabatku..gimana punya kabar?? lama kita gak berkomunikasi,,lagi sibuk apa??

    BalasHapus
  2. kabar apa ya mas?
    lagi sibuk kuliah aja ..

    BalasHapus