Kamis, 27 Januari 2011

I love busy on my January

tema bulan Januari 2011 adalah :

MAKING FILM AND HOW TO BE A FILM MAKER!

Diawali dengan diajakin temen untuk gabung grupnya supaya bisa ikutan ngirimin sinopsis ke kompetisi film pendek yang diadakan Bogalakon Pictures dan Sampoerna Foundation melalui Lab Multimedia Unisba, lalu ditambah tugas UAS Videografi yaitu buat Film cerita, so, my January is about FILM!

Sebenernya saya ga terlalu suka sama film, gak hobi goes to the cinema juga (dikarenakan saya lebih suka uangnya dipakai buat makan) namun cukup suka dengan merangkai tulisan bak karangan-karangan sastra, seperti sebuah cerita. yah, mengarang sebuah kisah hidup manusia lebih mudah biarpun itu menjadi hal tersulit tatkala sampai pada cara menggabungkan cerita dan menyampaikannya pada konflik dan klimaks, dan tentu seperti apa ending ceritanya.
Terkadang, memiliki cerita dengan ending too much happy is too much fabled. saya sih ingin punya novel dengan ending cerita yang biasa saja karena yang luar biasa sudah terlalu banyak. namun, biasa ini menjadi hal yang lain dikarenakan cerita-cerita yang dituangkan melalui kata-kata dalam bentuk tulisan di file-file word yang tersimpan di data1 (D) itu berbeda daripada yang luar biasa sehingga pada akhirnya ingin sekali cerita didalam novel saya kelak menjadi cerita dengan hal yang tidak biasa, dikarenakan ceritanya ringan namun berat dan tentunya berbeda, ya karena itu tentu orisinil.
Asyiknya membayangkan dua tahun kemudian saya sudah menyetir mobil berikut di jok samping adalah tas berisi macbook pro dan digital SLR+Handycam, dengan pulpen dan catatan kecil seorang jurnalis (begitu sebutan saya untuk buku kecil merah-hitam punya saya) dan tripot yang tersimpan di bagasi, dan itu semua adalah alhasil jerih payah saya berkutat dengan kata-kata dalam novel yang terjual habis di setiap cetakannya dan akibat dari beasiswa yang tidak pernah lupa untuk turun terus dari kantong rektorat ke rekening saya.
Tapi itu masih dalam khayalan, namun cukup baik karena dengan bermimpi begitu, saya jadi punya motivasi untuk membuka lagi cerita-cerita di dalam word di folder novel huruf G di hard disk data1 (D) dan kembali meneruskannya karena setelah sekian lama terlupakan akibat rutinitas di kampus yang lagi-lagi melelahkan dan menyenangkan biarpun seringkali juga mengesalkan. Ya, sudah seharusnya begitu supaya benar-benar saya bisa merealisasikan mimpi saya untuk mengajak Ibu dan Ayah jalan-jalan dengan mobil baru ke pantai Pangandaran, tentunya aku juga yang traktir, karena kenapa? dikarenakan saya kasihan lihat Ayah yang lagi-lagi merogoh koceknya dan Ibu yang muter-muter ke tiap rumah untuk jadi depkolektor pulsa hanya untuk bayar uang kuliah yang mahalnya nauzubillah.. Dasar orang-orang berpengaruh sialan! kenapa harus biaya pendidikan yang dikorbankan sih????? shit you government! I hate You, much! :'( (I love my parents so much!)
Kembali lagi kepada topik, maka setelah teman saya mengajak bergabung saya mau aja ikutan karena tergiur hadiah sebesar Rp.20.000.000;. padahal, sebetulnya agak segikit kurang cocok dengan cerita, entah mengapa padahal cerita itu sangat luar biasa keren! tapi ini mungkin juga dikarenakan oleh saat itu saya sedang sibuk-sibuknya, mulai dari tugas-tugas kuliah yang numpuk ditambah saya juga sedang garap majalah Cozy, semacam majalah refresh kampus dari Pers Suara Mahasiswa Unisba, tempat dimana saya pertama kali magang di media sebagai jurnalis muda. (I want to be Journalist! Travelling Journalist, and exploring film too-now actually).
Saya tidak memiliki ide cerita apapun untuk membantu teman saya yang sangat antusias dengan ini kompetisi, maka anggaplah saya membantunya meraih mimpi ditambah saya juga bisa kecipratan hadiah dan bisa beli kamera digital slr.
Dilain pihak, biarpun saya cukup suka menulis dan biarpun semua tulisan saya kebanyakan adalah jeritan pribadi, kecuali yang di posting di Suara Mahasiswa Online, saya gagal meluncurkan cerita bergenre horor buat tugas videografi yang pada akhirnya di tangani oleh Hella Elvaretta. Bagus! cerita Jalangkung Korek Api itu memang dibuat selagi gila dan sinting sehingga cerita ngawur. tapi btw, untuk semua insan film saya jadi tertarik jadi artis, pemeran Hantunya, mungkin? I can!
Tidak, cukuplah menjadi seorang dibalik layar kali ini, tapi apabila Tuhan memaksa saya untuk menjadi aktris terkenal, bagaimanakah cara menolaknya dikarenakan sampai sekarang saya belum menemukan doa penolak rejeki. tapi, mungkin cukup tertarik untuk menjadi sineas dikarenakan terutama adalah karena suasana Syuting itu ternyata menyenangkan! ini hasil film garapan kelompok saya yang diresmi dikumpulkan tertanggal 22 Januari 2011, berjudul Ku Kejar, Ku Tangkap (diliaaat dong, klik linknya! :p). Selain itu adalah faktor person. seseorang yang saya temukan di dalam baskom yang berisi orang-orang film, sedikit banyak telah mempengaruhi meningkatnya hormon untuk menjadi sineas betulan. ini mungkin adalah faktor dendam dan setetes cinta. biarpun saya sedang memikirkan untuk segera berhenti melongo ke twitternya karena itu semakin membuat saya panas. (saya harus jadi orang film, setidaknya mampu melakukan travelling di dunia perfilman agar dia menjadi takjub melihat saya yang adalah merupakan orang Bandung dan bisa berkarya di dunia Film, dan membuat dia ingin bekerja sama dengan saya dan dia menjadi memutuskan pacarnya dikarenakan lagi-lagi terkagum kepada wanita hebat seperti saya yang sudah makmur sentosa mandiri dan tentunya sangat kreatif di umur 22 tahun (AMIN YA ALLAH..)). Dendam memang tidak baik, tapi jikalau dendam itu memotivasi kita untuk menjadi lebih baik, apakah nilai dendam yang tidak baik itu bisa berubah? mudah-mudahan saja.
Yess.. biarpun gak menang di kompetisi (I say big sorry for Nisa Lathifa and Riani Nurmalasari because I'm not really fight on the competition), tapi bisa ikutan workshop hingga sejauh itu dan ngobrol sedikit dengan Andibachtiar Yusuf mengenai menyontek itu bukan korupsi dan Fikom yang hanya ada 2 jurusan yaitu : Jurnalistik dan yang lainnya. (I really agree, mas!) adalah pengalaman yang juga tidak biasa karena saya menjadi mendapat ilmu banyak mengenai film. (sedikit atau banyak ya?).
Menggembirakan memiliki bulan Januari yang super sibuk ini karena benar-benar tidak biasa, di bulan pertama di tahun baru 2011 ini, saya mendapatkan pengalaman yang sangat keren! menghasilkan satu majalah dan film, biarpun hanya sebagai tugas UAS., tapi itu benar-benar AMAZING!
I LOVE JOURNALISM, it give me a lot of big experience and bring me to the place, I never there, and now, I'm there!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar